1 Okt 2012

Basic Setting Mouse Macro A4Tech XL-747H Untuk SG/AWP Game PointBlank


Bagaimana cara setting tombol-tombol macro pada mouse A4Tech XL Series untuk game Point Blank..?? 
Basic Setting Mouse Macro A4Tech XL-747H pada game Point Blank.

Mouse Macro, apakah itu..? Capek saya nanya-nanya om Google, dapat jawabannya macem-macem

So, menurut saya pribadi, Mouse Macro adalah :
- Mouse yang memiliki tombol-tombol shortcut tambahan, dimana tombol-tombol shortcut tambahan pada mouse ini dapat diprogram dengan sebuah software tambahan, agar tombol-tombol shortcut ini dapat menjalankan fungsi berupa kombinasi beberapa tombol keyboard dan mouse secara bersamaan.

LANJUT.....Berikut saya akan coba review sedikit unboxing si A4Tech XL-747H

A4Tech XL-747H


Kelengkapan Mouse ini antara lain :
- Mouse
- CD-Driver Oscar Editor
- Manual singkat
- Mouse Feet



Body Mouse menurut genggaman tangan saya terkesan Solid, dengan gambar Spider, mouse ini sering juga saya dengar diistilahkan dengan nama Mouse Spider. Mouse ini juga diklaim menggunakan Gold Plate pada ujung USB nya untuk memperkecil delay transfer dibandingkan dengan menggunakan tembaga atau aluminium.

The Mouse



Gold Plate pada konektor USB


Kabel Mouse terkesan kaku, namun kokoh dan tidak mudah putus


Installasi Mouse

Tahap pertama, colokkan mouse ke CPU. Pada Windows 7, mouse akan auto install default drivernya. Setelah itu mouse sudah dapat digunakan layaknya mouse pada umumnya. Tetapi yang jadi permasalahannya disini adalah "Bagaimana meng-Custom tombol-tombol Macronya..?"
OK, tahap berikut adalah Installasi Software Oscar Editor.
Masukkan CD Driver bawaan mouse pada CDROM Komputer

Masukkan CD Driver ke CDROM

CD Driver akan auto-run setelah dimasukkan ke dalam CDROM. Klik icon auto-run yang muncul

Auto Run

Kemudian akan muncul tampilan driver yang akan di install, pilih driver yang sesuai dengan mouse yang digunakan, dalam hal ini A4Tech XL-747H

Install


Klik Next sampai prosess Intallasi Software selesai


Setelah prosess Intallasi Software selesai, jalankan program Anti-Vibrate Oscar Editor yang ada pada Desktop. Berikut tampilan antar muka Software

Antar Muka Oscar Editor


Mouse telah terinstall berserta dengan Oscar Editornya. Berikutnya adalah bagaimana setting tombol macronya..? Perhatikan kembali gambar spoiler di atas pada tampilan antar muka oscar editor, disitu telah terpampang semua tombol-tombol yang dapat dicustom.

Dalam review ini, saya mencoba untuk meng-custom tombol "7" pada mouse, yaitu tombol kecil yang ada diantara tombol klik kiri dan kanan mouse.

Tahapannya :
- Klik pada tombol yang ingin dicustom, dalam hal ini saya custom tombol 7, maka akan muncul sederet fungsi custom untuk tombol. Pilih yang paling bawah yaitu Macro Manager

Macro Manager:

Setelah itu, akan muncul tampilan Editornya. Di sini telah tersimpan settingan default bawaan Mouse untuk Treble Click, hapus semua settingan dengan meng-klik daftar record-nya, dan tekan tombol DELETE pada keyboard. Kosongkan/hapus semua settingannya.

Default Setting Treble Click

Setelah semua settingan telah dihapus dan kolom editor sudah kosong, pilih menu RECORD pada bagian atas editor, akan muncul notifikasi F11 untuk Start Record dan F12 untuk Stop Record.

Fungsi Record


Pada bagian ini, saya akan meng-custom tombol Macro "7" untuk settingan Quick Weapon Change, umumnya digunakan untuk main game Point Blank pada mode Shotgun dan Sniper/AWP.
Jadinya, ketika mode record dijalankan dengan menekan F11 untuk record, maka tekan tombol Mouse Klik Kiri, lepas, tekan tombol 3 pada keyboard, lepas, terakhir tekan tombol 1 pada keyboard, lepas dan tekan tombol F12 untuk mengakhiri record.

Mungkin bagi maniak Point Blank akan muncul pertanyaan "Kenapa tidak menggunakan Klik Kiri (nembak) - Q - Q saja untuk Quick Change Weapon..? Kenapa harus Klik Kiri -3 -1 ..?" Hal ini dikarenakan pada mode Klik Kiri -> 3 -> 1 akan lebih menguntungkan dimana ketika secara tidak sengaja kita sedang menggunakan senjata apapun (Melee, Granat, dan lain sebagainya) maka cukup tekan tombol macro 1x otomatis player akan berada kembali pada posisi membawa senjata utama.

Setelah kombinasi tombol terekam/record, maka akan muncul pada kolom editor segala kombinasi tadi, mulai dari gerakan mouse, dan tombol-tombol yang ditekan. Pada bagian ini, hapus record yang tidak perlu dengan meng-klik recordnya dan menekan tombol delete pada keyboard. INGAT, jangan menekan sembarangan tombol pada mode ini/kolom record karena akan terekam oleh kolom record sekalipun fungsi record telah dihentikan (F12).

Hasil Record


Lanjutkan dengan mengatur jeda-jarak atau timing antar tiap record dengan mengisi pada kolom sebelah kiri seperti pada gambar, kemudian memasukkan/menyisipkannya pada kolom record dengan meng-klik menu plug-in, dan hapus timing yang ada sebelumnya.
Settingan timing jangan terlalu pendek, karena timing yang terlalu pendek sering kali menyebabkan senjata tidak menembakkan peluru, atau kombinasi Shoot-Quick Change tidak akan berjalan sempurna.

Pengaturan Timing:
Saya menggunakan timing 35ms pada mode ini

Setelah pengaturan timing selesai, lanjutkan dengan menyimpan settingan mouse.

Save Setting


Beri nama settingan sesuai fungsinya




Setelah tersimpan, tutup program Macro Editor, maka kita akan kembali ke menu utama Antar Muka Oscar Editor. Hal yang paling krusial dan banyak kali terjadi adalah user lupa meng-import settingan Macro ke dalam Memory Mouse. Sudah capek-capek meng-edit settingan, tetapi Macro Mouse nya nggak jalan seperti pada program!. Oleh karena itu jangan lupa meng-klik Download To Mouse untuk meng-import settingan ke dalam memory mouse. Setelah import settingan selesai, mouse dapat digunakan di komputer mana saja, rumah, warnet, kantor, dan lain sebagainya. Settingannya tetap tersimpan di dalam mouse dikarenakan mouse memiliki internal memory alias memory bawaan yang tersimpan pada mouse-nya!

Import Setting ke Mouse


DEMIKIAN, maka selesailah Settingan Macro tombol nomor 7.
Tombol lainnya dapat dicustom dengan cara yang sama.
Terserah mau di custom bagaimana dan pada game apa sesuai keperluan.
Pada mouse lainnya, misalnya A4Tech XL-755BK, teknik settingannya SAMA, karena saya sebenarnya menggunakan 755BK soalnya tombol macronya lebih banyak, tombol lainnya dapat dicustom misalnya untuk radio komunikasi ketika main game

Download Settingan Oscar Mouse X7 PointBlank