1 Sep 2013

Belajar Membuat Website Dengan Joomla Part 1

Pada postingan sebelumnya saya telah sedikit sharing tentang keinginan saya untuk membuka sebuah toko online. Nah, salah satu hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat sebuah toko online adalah proses bagaimana nanti cara pemasarannya. Layaknya sebuah kalimat bijak, “ada begitu banyak jalan menuju Roma“. Terdapat berjuta cara bagaimana memasarkan sebuah produk. Namun layaknya sebuah peperangan di medan perang, saya lebih suka menjadikan website resmi toko sebagai jendral sekaligus panglima perang. Sedangkan untuk prajurit di garda depan, saya cenderung lebih prefer menempatkan sosial media seperti facebook dan twitter.

Saya bukanlah orang yang ahli dalam bidang desain website. Maka pada postingan kali ini, saya tidak bermaksud untuk menggurui, tapi lebih ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana mendesain sebuah website secara sederhana untuk pemula. Saya akui bahwa saya bukanlah orang dengan latar belakang pendidikan bidang desain web. Saya tidak mengerti apa itu CSS, PHP, CMS, Dreamweaver. Yang saya sedikit paham adalah HTML, karena jenis kode inilah yang sering saya temui ketika mengotak-atik tampilan blogspot.

Ada begitu banyak platform yang bisa kita gunakan untuk mendesain sebuah website. Namun platform yang pertama kali saya kenal dalam dunia desain website adalah joomla. Selain joomla, sebenarnya masih ada banyak platform lain yang bisa kita gunakan sebagai template awal. Yang saya tahu, saat ini banyak blogger lebih suka menggunakan platform wordpress. Ya tentu karena wordpress lebih cocok dijadikan template sebuah blog dibanding untuk website sebuah perusahaan ^_^.


logo joomla


Untuk bisa membuat sebuah website menggunakan Joomla, maka ada beberapa syarat yang harus kita persiapkan. Untuk pemula seperti saya, maka ada dua hal berikut ini yang musti dipersiapkan :
1. Installer Joomla.
Installer dapat didownload di situs resmi joomla disini. Versi yang terbaru adalah versi 2.5.
2. Installer xampp.
Xampp ini semacam webserver di komputer kita. Kalau kita mendesain website langsung memakai jasa hosting, ya kita tidak perlu menginstall xampp ini. Untuk Xampp bisa di download disini.

Proses Instalasi Joomla
Runtutan Proses instalasi Joomla adalah sebagai berikut :
1. lakukan instalasi Xampp di komputer kita (semisal di drive C ).
2. Jika proses instalasi tiada hambatan, maka langkah berikutnya adalah mengkopi folder installer joomla (yang sudah diekstrak) ke dalam folder ..\xampp\htdocs. Folder yang kita copy tadi semisal kita beri nama : “coffeebreak“.
3. Jalankan program Xampp. Klik run pada apache dan mysql. Pastikan kedua program ini berjalan dan menunjukkan warna hijau seperti gambar dibawah ini :


Xampp jalan


4. Lakukan proses instalasi joomla dengan membuka browser (firefox atau chrome) dan mengetikkan :
http://localhost/coffeebreak/
Maka di browser akan tampil halaman seperti dibawah ini :


Instalasi Joomla bagian 1


5. Trus kita klik saja next-next sampai pada bagian Database Configuration. Tuliskan data seperti contoh dibawah ini : (oh iya, untuk bagian password dikosongin saja)


Instalasi joomla bagian 2


6. Langkah berikutnya kita klik next-next sampai pada bagian Step ke-6 yakni Configuration. Pilih nama site yang kita inginkan, username dan password. Setelah semuanya diisi jangan lupa klik bagian : Install Sample Data. Ini sangat membantu untuk pemula.

7. Untuk step terakhir jangan lupa klik “Remove Instalation Folder“.


Instalasi joomla bagian 3


8. Dan inilah tampilan website awal dari Joomla :


Website dengan joomla


Selamat mencoba kawan, dan semoga berhasil. Jika ada pertanyaan atau ingin mengkoreksi, silahkan memberikan komentar di blog ini,