18 Des 2011

Cara menemukan keyboard shortcut


Keyboard shortcuts  merupakan salah satu cara memaksimalkan penggunaan keyboard pada komputer kita. Disebut shortcut ya karena memang fungsinya untuk mempercepat kerja kita (jalan pintas). Pada dasarnya hampir semua yang dapat dilakukan menggunakan mouse dapat pula dilakukan dengan keyboard. Misalnya untuk membuka windows explorer yang biasa kita lakukan adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke tombol Start kemudian klik kanan dan pilih Explorer, betul??

Nah jika kita menggunakan shortcut cukup tekan tombol windows dikombinasikan dengan huruf E (tombol windows+E). Gimana, lebih cepat dan simpel kan? :D

Tahukah  kawan, tiap program komputer seperti photoshop, corel draw, microsoft office dan sebagainya menyertakan kombinasi tombol cepat ini, hanya saja sebagian dari kita tidak sadar dengan tempat persembunyian mereka :). Bagaimana menemukannya ?

Menemukan shortcut pada program
Untuk menemukan shortcut bawaan pada suatu program misalnya notepad, cukup buka menu yang ada kemudian lihat pada pilihan menu bagian kanan. Untuk lebih jelasnya lihat gambar:


Yang diberi warna hijau pada gambar itulah yang dinamakan keyboard shortcut. Menggunakannya gimana? misal ketika kita mau menyeleksi seluruh tulisan pada notepad maka cukup gunakan kombinasi tombol Ctrl+A.

Menemukan shortcut pada menu yang memiliki huruf bergaris bawah
Pada beberapa program, seringkali kita menjumpai menu yang pada salah satu hurufnya terdapat garis bawah. Contohnya lihat gambar:


Pada menu Print seperti gambar di atas, huruf P memiliki garis bawah. Menu Page setup yang digaris bawah adalah huruf S. Maksudnya apa tuh? iya itu petunjuk buat kita bahwa kita bisa menggunakan menu itu cukup dengan keyboard. Misalkan kita akan menggunakan menu Page setup, yang digaris bawah adalah huruf S maka kita bisa menggunakan kombinasi tombol Alt+S. mudah kan??

Cara seperti itu juga bisa kita gunakan pada menu-menu yang lain. Cukup amati mana huruf pada menu yang digaris bawah kemudian eksekusi dengan menambahkan tombol Alt.

Khusus untuk microsoft office 2007 dan beberapa program yang menggunakan menu Ribbon, kita dapat melihat shortcut dengan menekan tombol Alt. Silahkan bereksperimen sendiri.